• Wed. Nov 24th, 2021

hcc-webhead.net

Portal berita terbaru lokal dan dalam negeri

Apa Saja Cara Mengelola Limbah Peternakan dengan Baik ?

Byadmin

Sep 22, 2021
Apa Saja Cara Mengelola Limbah Peternakan dengan Baik ?

Pengelolaan limbah merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk usaha peternakan. Seperti yang kita ketahui, bahwa limbah peternakan adalah limbah ternak atau sisa buangan dari kegiatan peternakan seperti contoh usaha pemeliharaan dan pengolahan produk ternak dan lain sebagainya. Semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan semakin meningkat limbah peternakan tersebut.

Ternyata, banyak sekali dampak yang ditimbulkan jika kita tidak mengolah limbah peternakan secara baik atau ditangani lebih serius, seperti contoh berdampak pada kesehatan dan juga lingkungan karena kandungan dari limbah peternakan yang dihasilkan dari kegiatan tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar melakukan pengolahan limbah peternakan dengan baik?

Teknik Pengumpulan

Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam mengelola limbah peternakan dengan baik adalah melakukan teknik pengumpulan atau disebut dengan collections. Teknik pengumpulan ini terbagi menjadi 3 cara yaitu :

  1. Scrapping adalah salah satu cara atau teknik pengumpulan yang berupa cara mendorong/menarik (dengan sekop atau alat lain) limbah.
  2. Flushing merupakan sistem pengumpulan limbah peternakan yang berarti dengan cara menggunakan air sebagai media untuk mengangkut limbah ke dalam bentuk cair
  3. Free Fall sendiri juga merupakan sistem pengumpulan limbah dengan cara membiarkan limbah tersebut jatuh bebas melewati penyekat lantai masuk ke dalam lubang penampung.

Lalu dilanjutkan ke teknik berikutnya yaitu Pengangkutan yang berarti Transport, berlanjut ke Pemisahan hingga pada akhirnya sampai kepada Penyimpanan (Storage) atau Pembuangan (Disposal). Jadi limbah peternakan bisa dapat disimpan atau juga dibuang jika tidak ingin digunakan lagi. Dari teknik-teknik inilah dapat kita ketahui ternyata limbah peternakan diolah dengan langkah-langkah yang berurutan sehingga dapat mengolah limbah peternakan menjadi lebih baik.

Pemanfaatan Limbah Peternakan untuk Diolah Lebih Baik

Kandungan yang ada di dalam limbah peternakan ini ternyata mempunyai kandungan yang sangat penting seperti contoh lemak, protein dan bahan nitrogen, vitamin, mineral, mikroba dan zat-zat lain yang dapat kita ketahui dalam limbah peternakan tersebut yang dapat dimanfaatkan sebagai berbagai macam hal yang mendukung kebaikan lingkungan ataupun juga hal lainnya.

Seperti contoh, sebagai pakan untuk cacing tanah yang dihasilkan dari limbah peternakan ternyata dapat menghasilkan biomasa yang tertinggi dibandingkan dengan campuran tambahan organik lain. Atau juga yang paling sering kita lihat adalah limbah peternakan yang digunakan sebagai pupuk kompos yang berguna untuk membuat tanaman lebih subur karena kandungan limbah yang dihasilkan dari kotoran hewan yang dapat dicampur dari bahan organik lain yang membantu mempercepat proses pengomposan.

Itulah beberapa cara untuk mengelola limbah peternakan dengan baik, semoga dengan informasi ini dapat membantu yang ingin mengelola limbah peternakan menjadi lebih baik atau juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos atau hal lain sebagainya.