• Sun. Aug 14th, 2022

hcc-webhead.net

Portal berita terbaru lokal dan dalam negeri

Apa Itu Obesitas dan Cara Menyembuhkannya?

Byadmin

Jun 23, 2022
Obesitas dan Cara Menyembuhkannya

Apakah Anda sering bertanya apa itu obesitas dan apakah sama dengan kelebihan berat badan atau overweight? Seseorang dikatakan obesitas jika berat badan mereka, bahkan dari penampilannya, tampak lebih besar daripada orang yang kelebihan berat badan. Jadi tentu keduanya merupakan kondisi yang berbeda di mana obesitas dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Apa Itu Obesitas?

Obesitas merupakan kondisi akumulasi lemak tubuh yang berlebihan dan tidak normal, yang menimbulkan risiko kesehatan yang merugikan. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda termasuk obesitas atau tidak, perhitungan yang harus dilakukan yaitu indeks massa tubuh, yang juga dikenal dengan Body Mass Index (BMI atau IMT). Perhitungan BMI ini menggunakan rasio berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan produk tinggi badan (dalam meter).

BMI = Berat (kg) / [Tinggi (m) x Tinggi (m)]

Jadi hasilnya dalam kg/m². Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, seseorang dikatakan obesitas jika BMI-nya di atas 27. Sedangkan kelebihan berat badan yang terkadang disalahartikan sebagai obesitas, memiliki BMI di atas 25 hingga 27.

Mereka yang mengalami obesitas perlu segera ditangani, setidaknya menurunkan berat badan agar lebih sehat dan ideal. Karena obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kanker.

Cara Mengatasi Obesitas

Penyembuhan obesitas merupakan rangkaian pengobatan yang membutuhkan keseriusan dari penderitanya. Dengan cara ini, tujuan pengobatan adalah untuk mencapai dan mempertahankan berat badan ideal agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Proses ini tentu harus dilakukan secara bertahap karena terlalu memaksakan diri untuk penurunan berat badan yang drastis juga akan berdampak negatif bagi tubuh. Itulah mengapa perlu dilakukan secara bertahap namun tetap konsisten.

  • Mengubah Pola Makan

Bagi yang mengalami obesitas, penyesuaian pola makan dilakukan agar bisa menurunkan berat badan dan mencapai tujuan idealnya. Biasanya, ahli gizi dan dokter menyarankan untuk mengurangi kalori dan menerapkan kebiasaan makan yang sehat. Ini termasuk mengubah sumber makanan, menetapkan jadwal makan yang teratur, dan makan makanan rendah kalori dalam porsi besar untuk menjaga rasa kenyang.

  • Olahraga Rutin

Penurunan berat badan bukan hanya tentang mengatur asupan makanan. Anda juga perlu berolahraga secara teratur untuk mengatasi obesitas. Orang yang obesitas umumnya disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang setiap minggu.

Namun, biasanya dokter akan menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing orang. Pada dasarnya, teruslah bergerak untuk membantu meningkatkan laju pembakaran kalori Anda. Anda dapat melakukannya dengan latihan aerobik secara teratur.

  • Perubahan Perilaku

Mulailah mengubah perilaku dan kebiasaan Anda saat Anda sakit karena obesitas. Ini bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup Anda untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan Anda. Juga mengelola stres dan hal-hal lain yang dapat menyebabkan obesitas. Agar lebih semangat, Anda bisa bergabung dengan komunitas dan juga bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan di Orami.co.id.