• Fri. Oct 15th, 2021

hcc-webhead.net

Portal berita terbaru lokal dan dalam negeri

Agar Tak Bingung, Inilah Perbedaan Kopi Bubuk dan Kopi Instan

Byadmin

Sep 8, 2021
Agar Tak Bingung, Inilah Perbedaan Kopi Bubuk dan Kopi Instan

Kopi kini tak hanya dinikmati oleh orang tua saja, lambat laun justru banyak kaum muda yang menggandrungi minuman satu ini. Mulai dari kopi di coffee shop hingga kopi instan, banyak kaum milenial menjadikan rutinitas minum kopi sebagai gaya hidup. Cita rasa yang nagih membuat banyak penikmatnya merasa ketagihan ingin menyeruputnya setiap hari.

Selain dijual di coffee shop, terdapat pula kopi instan dan bubuk yang dapat dibeli dengan mudah. Meskipun sering mendengar mengenai kedua jenis coffee tersebut, namun apakah Anda mengetahui perbedaan diantara keduanya? Pasalnya, biarpun sama-sama hadir dalam bentuk bubuk namun keduanya ternyata berbeda. Lantas apa yang membedakan?

  1. Perbedaan Proses Pembuatan

Jika jenis bubuk melalui proses pemetikan buah, pengupasan, penjemuran, roasting, lalu penggilingan, lain halnya dengan instant coffee yang proses pembuatannya terbilang lebih rumit. Tak berhenti sampai disitu saja, instant coffee akan melalui proses ekstraksi dimana pada tahap tersebut akan diuji cita rasanya.

Selain itu terdapat penambahan cita rasa dengan memasukkan zat pendukung seperti gula, krimer, susu, dan lain-lain, sehingga aroma, tekstur, dan rasa yang dihasilkan lebih kuat dan nikmat. Tahap akhir adalah pengeringan yang akan menghasilkan kristal kopi.

  1. Perbedaan Larut Tidaknya Dalam Air

Perbedaan selanjutnya adalah pada larut dan tidaknya di dalam air. Varian bubuk tidak larut dalam air karena ampasnya terbuat dari serat berjumlah cukup banyak, sehingga ampas tersebut akan tenggelam di dasar gelas. Sementara kopi instan cenderung larut dalam air, sehingga lebih nyaman dikonsumsi.

  1. Perbedaan Harga

Selain kedua hal di atas, salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah harga jual di pasaran. Jenis bubuk dibandrol dengan harga cenderung mahal, sementara instant coffee dijual dengan harga jauh lebih terjangkau. Sehingga apabila sedang mengalami kantong tipis, membeli instant coffee merupakan pilihan tepat agar tetap dapat menikmati secangkir kopi nikmat.

  1. Perbedaan Daya Tahan

Daya tahan kedua jenis minuman tersebut juga berbeda, dimana jenis bubuk tidak dapat disimpan dalam waktu lama. Varian bubuk cenderung hanya dapat disimpan dalam beberapa hari hingga satu minggu saja. Karena setelah melewati satu minggu, umumnya aromanya sudah berkurang bahkan mulai timbul jamur.

Berbeda dengan coffee saset instan yang dapat disimpan dalam waktu lebih lama dan memiliki waktu kadaluwarsa pada kemasannya. Pasalnya, produsen instant coffee mendesain kemasan kedap udara yang dapat membuat kristal kopi tetap kering dan tidak lembap.

Instant Coffee Memiliki Banyak Varian

Kopi yang dapat langsung diminum atau diseduh ini hadir dalam berbagai varian rasa yang dapat dipilih, mulai dari black coffee, green coffee, coffee with creamer, dan masih banyak lagi. Selain itu, minuman jenis ini juga tersedia dalam berbagai kemasan mulai dari saset, botol kaca, botol plastik, UHT, hingga kaleng.

Kini Anda sudah mengerti perbedaan dari kopi instan dan bubuk. Semoga informasi di atas bermanfaat!